Pages

Minggu, 17 Juni 2012

SMS-AN MENINGKATKAN KETRAMPILAN ANAK MEMBACA



Sebagian orang tua menganggap bahwa memperkenalkan ponsel pada anak di usia dini bukanlah keputusan yang bijak. Namun tahukan Anda, bahwa ternyata kebiasaan mengirim pesan sepeti SMS atau chatting melalui ponsel bisa tingkatkan keterampilan membaca dan menulis anak?

Dikutip dari Times of India, para peneliti mengklain bahwa anak yang sering mengirim pesan melalui ponsel memeiliki keterampilan baca dan tulis yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak melakukannya. Peneliti menemukan bahwa kebiasaan tersebut lebih efektif ketimbang mengajarkan bahasa sehari-hari, dikarenakan SMS atau chatting bisa meningkatkan kemampuan anak untuk mengenali rima dan pola berbicara.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun dan dibiayai oleh British Academy menguji pengaruh penggunakan SMS pada anak yang berusia delapan hingga 12 tahun. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa anak-anak yang berusia lima tahun dan menggunakan ponsel lebih memahami rima dan suku kata dalam setiap pembicaraan.

Psikolog Dr Clare Wood, yang memimpin penelitian di Coventry University tersebut mengatakan penggunaan singkatan yang biasa dipakai saat mengirim pesan singkat, membantu perkembangan membaca dan juga keterampilan menulis anak. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anak-anak secara tidak sadar melatih kemampuan mengeja mereka secara teratur saat mengirim pesan.

"Kami terkejut mengetahui bahwa mengirim pesan singkat seperti sms atau chatting sebenarnya bisa mendorong perkembangan kesadaran fonologi dan keterampilan membaca anak," ujar Dr Clare Wood.

Walau ada manfaat baik di balik penggunaan ponsel oleh anak sedari kecil, sebagai orang tua Anda harus tetap mengamati pemakaiannya. Oleh karena itu, dampingi dan berikan batas bagi si kecil saat menggunakan ponsel.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 ria ilwoostory. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates